Cegah dan Atasi Dak Beton yang Bocor Dengan Cara Ini

pelapis beton anti bocor

Pada saat musim panas, tentunya masalah kebocoran menjadi sering terabaikan oleh kita sebagai pemilik rumah atau bangunan. Namun hal ini akan sangat berbeda ketika musim hujan telah tiba seperti saat ini, pengetahuan akan cara mencegah kebocoran pada dak beton dengan pelapis beton anti bocor menjadi sangat berguna untuk segera diaplikasikan. 

Penggunaan dak beton pada bangunan rumah tentu saja tidak bisa lepas dari risiko kebocoran yang mungkin saja terjadi akibat perubahan cuaca yang ekstrim, area bangunan yang sering terkena air dalam waktu lama sehingga retakan mudah terjadi. Masalah-masalah seperti ini tentunya tidak bisa kamu hindari namun, tetap bisa diakali pencegahannya dengan mencoba melakukan beberapa langkah seperti berikut in.  

Mengenali Penyebab Terjadinya Genangan Air Pada Dak

Sebelum mengetahui cara mencegah kebocoran akibat genangan air pada dak beton, kamu perlu menelaah terlebih dahulu apa saja yang bisa menimbulkan penumpukan air pada suatu tempat di area tersebut sebelum diperbaiki dengan memakai pelapis beton anti bocor.

Saluran Air yang Tidak Lancar 

Saluran pembuangan air di dalam rumah yang bertingkat menjadi hal yang harus selalu diperhatikan. Karena seringkali pada bagian ini terjadi penyumbatan akibat sampah, daun kering, atau pun benda lainnya sehingga menutup saluran air membuatnya timbul genangan air  saat hujan terjadi. 

Kesalahan Perhitungan 

Pekerjaan yang dilakukan oleh manusia memang tidak luput dari human error sehingga, bisa saja terjadi salah perhitungan kemiringan. Di mana levelling dak beton seharusnya dibawah 2% namun, kesalahan  perhitungan malah dapat berdampak pada penumpukkan air di tempat yang tidak seharusnya. 

Pada dasarnya air memiliki prinsip untuk mengalir ke area yang lebih rendah, namun ketika terjadi penumpukan di suatu tempat dalam waktu lama akan membuat terjadinya pengikisan permukaan plesteran sehingga masuk ke dalam struktur beton. 

Perlahan-lahan kebocoran seperti ini akan membuat area di bawahnya mengalami jamuran, biasanya ditandai dengan adanya bercak kuning hingga ditumbuhi lumut, serta membuat ruangan menjadi terasa lembap. Untuk mengatasinya segera cegah hal ini dengan mencoba melakukan beberapa tips penting berikut ini. 

Baca Juga: 6 Kesalahan Ketika Menggunakan Pelapis Anti Bocor Dak Beton

Mengatasi Area Dak Beton yang Tergenang dan Bocor

1.  Membuat Area Dak Beton Menjadi Lebih Rata 

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, kesalahan perhitungan dapat membuat kemiringan menjadi berubah dan menimbulkan penumpukan air. Kamu bisa segera mengatasinya dengan membuat permukaan dak beton menjadi sama rata kecuali pada area menuju saluran drainase

2. Menciptakan Saluran Pembuangan Air

Rumah yang memiliki area dak beton pada bagian atasnya tentu saja harus mempersiapkan saluran pembuangan air agar tidak ada penumpukkan di bagian atap.  Jika dirasa kurang, kamu tetap bisa menambahkan roof drainase agar dapat menghindari genangan air. 

3. Melakukan Perawatan Secara Berkala Pada Sistem Pembuangan Air

Agar kamu terhindar dari masalah genangan air yang terjadi akibat saluran pembuangan air yang tersumbat, sebaiknya lakukanlah secara berkala pembersihan pada drainase. Pemeriksaan ini sebaiknya dilakukan pada kedua sisi ya, bukan hanya pada satu sisinya saja. Pastikan tidak ada hambatan pada ujung awal  dan ujung akhir saluran. 

Jika hal ini kamu lakukan secara berkala, maka kamu bisa terhindar dari masalah kebocoran akibat adanya genangan air pada dak beton. 

4.  Memakai Pelapis Beton Anti Bocor yang Tepat

Pada bangunan di lantai 2 atau atas, kamu juga perlu memberikan pelapis beton anti bocor sebelum melapisinya dengan keramik. Dengan begitu, lantai akan menjadi lebih awet sekalipun berada di area yang rawan terhadap basah. Untuk hasil yang lebih baik, kamu sebaiknya memakai produk PRO-X 207 sesuai aturan pakai yang tertera pada kemasannya.  Itulah beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk mencegah terjadinya kebocoran pada dak beton. Produk PRO-X 207 pastinya bikin rumahmu semakin nyaman karena 2x lebih tahan air dan 2x lebih tahan lama, nggak perlu takut rumah jadi bocor deh walaupun pada area yang rentan terhadap basah. PRO-X 207 bisa kamu dapatkan secara mudah dengan membelinya di toko bangunan terdekat, bisa juga langsung mengunjungi toko online-nya di Mortar Utama Official atau klik aja di sini.

Baca Juga: Cara Tepat  Menambal Kebocoran Dengan Pelapis Anti Bocor untuk Kolam Ikan