Home / Artikel

Cara Tepat  Menambal Kebocoran Dengan Pelapis Anti Bocor untuk Kolam Ikan

pelapis anti bocor untuk kolam ikan

Memiliki kolam ikan di dalam rumah memang dapat membuat para penghuninya merasa lebih tenang dan rileks setelah seharian beraktivitas. Namun, keindahan ini tidak dapat dinikmati jika pada kolam mengalami kebocoran sehingga memang diperlukan pelapis anti bocor untuk kolam ikan ketika dibuat. 

Tetapi bagaimana jika kolam tersebut sudah dibuat dan lupa diberi pelapis sehingga mengalami kebocoran? Hal ini tentu saja cukup merepotkan tapi masih bisa kamu perbaiki dengan cara yang lebih mudah. Tujuannya tentu saja agar kamu bisa menikmati keindahannya tanpa gangguan. 

Gangguan yang muncul bisa berupa menyusutnya air hingga rembesan ini juga dapat menimbulkan masalah ke berbagai area lainnya. Masalah-masalah kecil seperti ini jika dibiarkan begitu saja pasti bisa menimbulkan masalah yang lebih besar.

Daripada kamu menumpuk masalah semakin banyak,  akan lebih baik jika kamu segera memperbaikinya sebelum terlambat. Kamu bisa mengikuti 5 langkah tepat menambal kebocoran dengan pelapis anti bocor untuk kolam ikan berikut ini. 

1. Memindahkan Ikan-ikan Ke Tempat Aman

Hal pertama yang harus kamu lakukan ketika akan memperbaiki kebocoran pada kolam ikan yaitu dengan memindahkan terlebih dahulu ikan-ikannya. Di mana kamu bisa memindahkan sementara waktu di aquarium. 

Namun, pastikan kadar air di dalamnya sama dengan kolam ikan sehingga ikan tersebut tidak merasa kaget dengan perubahan airnya. Pastikan kamu memberikan tempat yang layak karena umumnya perbaikan kebocoran memerlukan waktu cukup panjang. 

Kamu tidak bisa langsung memasukkan ikan kembali. Walaupun pelapis anti bocor untuk kolam ikan merupakan  produk unggulan, kamu tetap harus melakukan pengecekan untuk mengetahui kolam benar-benar aman digunakan kembali.

2. Menandai Titik-titik Kebocoran

Langkah selanjutnya yang perlu kamu lakukan ketika akan menambal kolam ikan yaitu mencari tahu terlebih dahulu titik-titik penyebab kebocoran. Kamu sebaiknya menandainya agar tidak ada yang terlewatkan ketika proses penambalan dilakukan. 

Pastikan kamu sudah benar-benar mengecek secara keseluruhan bagian-bagian yang menjadi sumber kebocoran di dalam kolam. Hal ini perlu dihindari karena ketika kamu melewatkan satu bagian saja maka tahapan yang panjang ini harus diulangi dari awal. Pasti kamu tidak mau itu terjadi kan? 

Baca Juga: 4 Perbedaan Antara Semen Instan Dengan Semen Konvensional

3. Melakukan Analisis Pada Titik Kebocoran

Tahapan berikut ini cukup penting, di mana kamu perlu melihat lebih teliti apakah bagian-bagian tersebut mengalami keretakan tipis pada area semen atau pun keropos. Jika hal tersebut terjadi, kamu memang perlu membersihkan area tersebut untuk kemudian ditambal dengan semen.

Kamu perlu melakukan hal ini pada setiap titik kebocoran yang ditemukan. Walaupun memang cukup merepotkan tetapi tahapan ini akan membantu kolam ikanmu terbebas dari kebocoran. 

4. Menambal Kolam Dengan Pelapis Anti Bocor untuk Kolam Ikan

Pastinya bagian ini memang sangat ditunggu-tunggu karena proses yang paling penting dan tidak boleh dilewatkan begitu saja. Untuk memperoleh hasil yang maksimal, kamu perlu memakai produk unggulan seperti PRO-X 207 yang merupakan produk hasil kolaborasi 2 brand ternama yaitu No Drop Avian Brands dan MU-Mortar Utama. 

Sebagai produk semen kuat anti bocor ini, kamu bisa menikmati kelebihannya yang 2x lebih tahan air dan 2x lebih lama. Dengan begitu, produk ini cocok digunakan pada area basah dan terendam seperti kolam ikan. Pastinya kehadiran PRO-X 207 ini tidak akan membuat kamu repot karena mudah digunakan. 

Kamu pun tidak perlu terburu-buru mengaplikasikan produk ini karena sisa adukan masih dapat digunakan kembali dalam jangka waktu 90 menit kedepan dengan kualitas dan kelecakan yang masih baik. 

5. Melakukan Tes Terlebih Dahulu 

Setelah menambal dan melapisi kolam ikan, kamu perlu memberikan waktu lebih untuk menyempurnakan proses pengeringan agar hasilnya baik yaitu selama 3×24 jam. Setelah menunggu, kamu tidak boleh langsung memasukkan ikan ke dalamnya. Untuk itu, kamu bisa melakukan tes rendam  terlebih dahulu selama 24 jam

Isilah kolam dengan air tanpa memasukan ikan. Jika pada titik-titik kebocoran sudah tidak ada rembesan air, maka proses penambalan yang dilakukan sebelumnya sudah berhasil. Kamu bisa menguras lagi airnya dan isi dengan air bersih. 

Pastikan untuk memberi waktu tunggu 24 jam untuk menyamakan kandungan air yang digunakan pada kolam ikan sebelumnya. Itulah 5 cara menambal dengan pelapis anti bocor untuk kolam ikan. Produk PRO-X 207 bisa kamu beli secara offline di toko-toko bangunan terdekat atau membelinya di marketplace kesayanganmu.  Selain itu kamu bisa langsung klik link di sini.

Baca Juga: 5 Langkah Memakai Semen Anti Bocor untuk Kamar Mandi yang Bocor