Home / Artikel

5 Cara Memilih Pelapis Anti Bocor untuk Kolam Ikan

pelapsi-anti-bocor-untuk-kolam-ikan

Ikan menjadi salah satu biota laut yang sangat indah untuk dinikmati hingga membuat banyak orang tertarik untuk memeliharanya. Tak jarang di dalam rumah para pencinta ikan, biasanya selalu ada spot untuk memeliharanya tapi sangat disarankan memakai pelapis anti bocor untuk kolam ikan ya. 

Hal ini disebabkan karena secara estetika, kolam ikan tidak hanya memperindah rumah saja tetapi memberi ketenangan melalui keindahannya. Namun, untuk menikmati itu semua dibutuhkan konstruksi yang kokoh dan tidak bocor pada kolam ikan. 

Dibutuhkan perlindungan ganda agar dapat menjaga durabilitas yang baik serta tahan lama terhadap kebocoran, salah satunya dengan memakai pelapis anti bocor kolam ikan. Tetapi memilih produk yang akan digunakan pada kolam ikan tidak bisa sembarangan, banyak faktor yang harus dipertimbangkan agar tidak mengganggu keseimbangan biota air tersebut. 

Kamu tidak perlu khawatir salah memilih karena ada 5 cara memilih pelapis anti bocor untuk kolam ikan seperti berikut ini.

1. Mencari Pelapis yang Tidak Meracuni Ikan

Dalam membuat kolam ikan yang indah di rumah, tentunya tidak bisa terlepas dari nilai estetika. Keindahan tersebut tidak akan bisa didapatkan jika kolam tersebut mengalami kebocoran bukan? Untuk mencegah terjadinya hal tersebut, kamu bisa memakai pelapis anti bocor kolam ikan. 

Tapi sebelum memakainya untuk kolam ikan, sebaiknya kamu pastikan terlebih dahulu bahan-bahan yang digunakan apakah aman untuk makhluk hidup. Untuk itu, sebelum memakainya pastikan kamu sudah mengenal produk yang digunakan tidak mudah lepas dan mengkontaminasi atau mencemari kolam ikan. Pastikan juga komposisi di dalamnya aman, tidak meracuni ikan, serta memiliki daya lekat yang tinggi. 

2. Memilih Pelapis Anti Bocor untuk Kolam Ikan Berbahan Semen

Cara selanjutnya yang bisa kamu jadikan bahan pertimbangan untuk memilih pelapis kolam ikan anti bocor dengan mencari pelapis dengan bahan dasar semen. Mengapa demikian? Karena memakai pelapis yang tidak berbahan dasar semen pada kolam ikan cenderung membuatnya tidak tahan lama, sehingga berisiko tinggi mengalami kebocoran. 

Untuk itulah, bahan semen dapat menjadi pilihan yang ideal saat digunakan pada area basah. Hal ini didukung dengan materialnya yang fleksibel dan mudah digunakan. 

Baca Juga: Cegah Sejak Dini dari Bocor dan Rembes

3. Memakai Pelapis Anti Bocor untuk Kolam Ikan yang Aman Di Segala Musim

Secara umum, biasanya kolam ikan akan dibangun di luar ruangan walaupun ada juga yang dibuat di dalam ruangan. Khusus untuk kolam ikan dengan posisi outdoor, kamu harus memastikan kolam tersebut kuat menghadapi perubahan cuaca. 

Di sinilah poin pentingnya di mana kamu harus memastikan pelapis kolam ikan anti bocor yang akan digunakan mampu menghadapi perubahan cuaca tanpa menurunkan kualitasnya. Sehingga tidak terjadi kebocoran. 

Ketika kamu memakai pelapis yang asal-asalan, maka kolam ikan akan rentan terhadap kerusakan ketika menghadapi panas, hujan, serta tingginya kelembaban. 

4. Menggunakan Lebih Dari Satu Lapisan

Meningkatkan daya tahan kolam ikan terhadap risiko kebocoran merupakan bagian penting yang dapat dilakukan oleh pelapis anti bocor kolam ikan. Maka dari itu, sebelum memilih pelapis yang tepat untuk kolam ikanmu pastikan di dalam tahapannya,  perlu dilakukan lebih dari satu lapisan atau setidaknya 2 kali lapisan. Dengan begitu, hasilnya pun dapat menjadi lebih maksimal dirasakan serta tahan lebih lama. 

5. Memastikan Merek yang Dipilih Terpercaya

Memilih merek sebuah produk pelapis anti bocor kolam ikan sangat penting dilakukan karena kalau salah pilih, tentunya hasil yang diberikan tidak akan memuaskan.  Jadi, pastikan kamu sudah memilih merek terpercaya seperti PRO-X 207 sebagai pelapis kedap air berbahan dasar semen. 

Produk yang sudah diformulasikan secara khusus oleh 2 brand ahlinya yaitu No Drop & MU – Mortar Utama ini memiliki fitur 2X lebih tahan air, 2X lebih tahan lama dan mudah diaplikasikan. Sehingga aman digunakan pada kolam ikan, karena tidak mudah lepas dan meracuni biota air di dalamnya. 

Produk ini tersedia dalam 2 komponen utama yang tidak bisa dicampur dengan produk lain, karena itu kamu bisa langsung mencampurkan saja Komponen A – Cairan dan Komponen B – Bubuk dengan memakai perbandingan 1:4. Itulah 5 cara memilih pelapis anti bocor untuk kolam ikan yang bisa kamu ikuti. Kamu bisa mendapatkan produk PRO-X 207 semen kuat anti bocor secara mudah di toko-toko terdekat atau langsung aja kunjungi Mortar Utama Official di e-commerce kesayanganmu.

Baca Juga: Ini Dia Faktor Utama Penyebab Rembes Dan Bocor