Home / Artikel

Inilah Struktur Dak Beton yang Perlu Dilapisi Pelapis Anti Bocor Dak Beton

pelapis anti bocor dak beton

Seiring perkembangan zaman, rumah modern yang mengusung konsep minimalis sering menjadi pilihan dari banyak orang ketika membangun dream house. Konsep minimalis sendiri tentunya tidak terlepas dari penggunaan dak beton untuk struktur dalam rumah hingga atap. Gaya rumah seperti inilah yang perlu dilengkapi dengan pelapis anti bocor dak beton. 

Ketika hal itu tidak dilakukan, maka sangat tinggi risiko terjadinya gangguan serta masalah yang timbul seperti kebocoran. Secara umum, dak beton sendiri memiliki fungsi menjadi pembatas antara lantai bawah dengan atas, dan terus berkembang hingga dijadikan sebagai atap untuk melindungi dari panas dan hujan. 

Struktur dari dak beton itu sendiri tentunya harus dibuat dengan sedemikian rupa agar dapat memberikan hasil yang kuat pada bangunan. Tapi struktur seperti apakah yang baik untuk dak beton? Kamu bisa mengenalnya berikut ini. 

Mengenal Struktur Dak Beton yang Baik Pada Rumah

Secara umum, bahan-bahan yang digunakan untuk dak beton cukup beragam. Namun cor semen memang menjadi pilihan yang sering digunakan. Karena dapat menghasilkan hasil yang kokoh, kuat, tahan lama, dan mampu menahan beban berat dengan baik. 

Tapi tentu saja dibalik kuatnya dak beton ini, tetap diperlukan pelapis anti bocor agar dapat bertahan lebih lama serta bebas dari kebocoran. Di mana pelapis seperti ini perlu disesuaikan pada kebutuhannya, apakah outdoor, indoor, atau pun terkena area yang basah. 

Setelah mengenal struktur yang baik, kamu juga perlu mengenali kriteria seperti apa yang baik digunakan pada dak beton. 

Mengetahui Kriteria Dak Beton yang Baik

Salah satu kriteria baik yang harus dimiliki pada dak beton yaitu solid dan kuat agar dapat menahan beban yang berat tanpa kendala. Kemudian harus diikuti dengan hasil pengerjaan yang baik seperti harus dan juga rata, dengan tujuan agar dapat meningkatkan keindahan bangunan rumah secara keseluruhan. 

Dalam proses pembangunannya juga diperlukan efisiensi yang baik agar hasil yang diberikan tidak mudah retak maupun keropos. Di sinilah peranan pelapis anti bocor dak beton diperlukan agar dapat menghasilkan dak beton yang kokoh dan kuat dan terhindar dari rembes dan kebocoran.

Selain itu, proses pembuatannya pun sebaiknya lebih ekonomis di mana tidak memerlukan biaya yang lebih besar daripada lainnya. 

Baca Juga : Cari Tahu Penyebab Pelapis Dak Anti Bocor Tidak Bekerja Dengan Baik

Mengenal Jenis-jenis Dak Beton

Dak Beton Konvensional

Dak beton yang satu ini cukup sering digunakan pada bangunan yang bertingkat. Di mana campuran semen, kerikil, pasir, serta tulangan besi digunakan untuk memperkokoh bangunan. Namun, perhitungan besi yang digunakan perlu diperhitungkan dengan baik. 

Karena besi yang terlalu berat dapat membuat bangunan mudah runtuh sedangkan jika terlalu ringan dapat membuat bangunan tidak kuat. 

– Dak keramik Beton

Jenis dak beton yang satu ini pun memiliki proses pemasangan yang lebih mudah dilakukan karena tidak memerlukan bekisting. Dengan begitu, kamu bisa menghemat biaya material hingga mencapai 30% lho. Selain itu, pemakaian dak ini juga dapat meredam panas juga suara dengan lebih baik. 

– Dak Bondek atau Dak Lantai 

Di Indonesia, pemakaian dak beton sudah cukup sering digunakan untuk menjadi pengganti kayu atau triplek pengganti bekisting. Bekisting seperti ini dapat digunakan berulang-ulang sehingga dapat menghemat lebih banyak dan lebih ramah lingkungan. 

Memperkuat Fungsi Dak Beton

Apa pun jenis dak beton yang dipilih, tentunya kamu menginginkan bangunan kuat dan tahan terhadap kebocoran untuk jangka waktu panjang bukan? Hal seperti ini dapat terwujud jika kamu memberikan pelapis anti bocor dak beton berbahan semen pada beberapa area dak beton. 

Area-area yang wajib kamu beri pelapis yang dapat mencegah kebocoran yaitu, 

  • Kamar mandi khususnya pada area lantai 2 di mana kamu sebaiknya memberikan pelapis anti bocor dak beton sebelum dipasang keramik di atasnya.  Dengan begitu, kamu dapat terhindar dari masalah plafon bocor akibat rembesan air. 
  • Balkon yang sering terkena paparan sinar matahari serta hujan terus menerus, pastinya juga perlu diberi pelapis berbahan semen dari PRO-X 207 sebelum diberi keramik di atasnya. 
  • Bak mandi juga menjadi area yang rawan terjadinya kebocoran karena itu, memang sebaiknya diberi pelapis dari PRO-X 207
  • Basement biasanya terletak pada bagian paling bawah sebuah bangunan, sehingga area tersebut selalu dilewati oleh saluran air membuatnya menjadi lebih lembap. Itulah yang membuatnya rawan terjadi kebocoran dengan begitu, kamu pun perlu memberikan semen kuat anti bocor untuk mencegah hal tersebut terjadi lagi.  

Untuk area-area tersebut, memang sebaiknya diberi semen kuat anti bocor dari PRO-X 207 yang menjamin 2x lebih tahan air dan 2x lebih tahan lama. Produk PRO-X 207 sebagai pelapis anti bocor dak beton bisa kamu dapatkan secara mudah dengan membelinya di toko bangunan terdekat, bisa juga langsung mengunjungi toko onlinenya di Mortar Utama Official atau klik aja di sini.

Baca Juga : Cegah dan Atasi Dak Beton yang Bocor Dengan Cara Ini