Perhatikan 6 Hal Ini Sebelum Memilih Arsitek

arsitek

Memiliki rumah telah menjadi impian banyak orang, di mana rumah sering menjadi tolak ukur sebuah pencapaian. Selain sebagai tempat tinggal, rumah juga dapat dijadikan investasi, baik itu bangunan, ataupun luas tanahnya. Dalam hal ini diperlukan kemampuan teknik perancangan bangunan, juga aesthethic sense untuk merancang rumah ideal bagi kebutuhan pemiliknya, kemampuan itulah yang ditawarkan oleh arsitek rumah. 

Maka dari itu penting untuk memperhatikan proses memilih arsitek yang tepat sebelum membangun rumah menjadi salah satu faktor penentu kualitas rumah yang diimpikan. Untuk itu kamu perlu mengetahui 6 hal yang perlu diperhatikan sebelum memilih arsitek yang tepat.

1. Memahami Kriteria Rumah Ideal yang Diinginkan

Sebuah bangunan yang ideal sebenarnya mudah untuk dinilai, salah satu contoh penilaiannya bisa dilakukan dengan memasukkan kriteria keseimbangan. Desain bangunan yang seimbang memiliki kesesuaian antara tujuan penggunaan, estetika rumah, bahan maupun teknik dalam pengerjaannya. 

Arsitek yang baik biasanya akan merekomendasikan produk berkualitas, untuk segala kebutuhan pembangunan, dari pondasi utama hingga bagian yang bersifat dekoratif seperti kolam ikan.

2. Memahami Perbedaan Antara Kebutuhan Dengan Keinginan Pemilik Rumah

Sebelum memulai pekerjaannya, arsitek yang handal akan melakukan observasi, dan serangkaian metode untuk mengetahui dengan jelas apa yang dibutuhkan, mencoba memisahkannya dengan keinginan pemilik rumah. Setelahnya arsitek akan memberikan rancangan bangunan yang telah disesuaikan. 

Sebagai contoh, terkadang pemilik rumah ingin menambahkan elemen tambahan seperti kolam ikan. Arsitek yang baik pasti akan membuatnya sebaik mungkin tanpa adanya bocor sehingga pasti akan menggunakan pelapis kolam anti bocor dari PRO-X 207 yang telah teruji aman untuk digunakan pada kolam.

3. Desain Arsitek yang Mampu Menciptakan Rasa Aman dan Nyaman

Bangunan merupakan investasi jangka panjang, sehingga membutuhkan biaya yang tidak sedikit, serta memakan waktu dalam proses desain maupun pengerjaannya. Maka dari itu, arsitek harus memikirkan tentang rancangan yang mampu membuat penghuni di dalamnya merasa nyaman.

Baca Juga: 5 Desain Atap Rumah yang Paling Banyak Diminati dan Fungsinya

4. Memaksimalkan Fungsi Tanpa Meninggalkan Estetika

Arsitek modern yang memiliki taste bagus akan dengan mudah menerjemahkan kebutuhan teknis bagi sang pemilik rumah, tanpa melupakan estetika atau keindahannya, baik untuk sang penghuni maupun orang lain. Mereka akan mencari cara untuk memaksimalkan seluruh sudut rumah, dari dalam hingga keluar sehingga dapat dinikmati keindahan desain arsitekturnya.

5. Memperhatikan Kepribadian Arsitek

Selalu cek karakter dan kepribadian orang yang diajak kerja sama. Kepribadian arsitek yang cocok dengan kepribadian pemilik rumah bisa jadi sangat menentukan hasil akhir, terutama dalam proses pengerjaan bangunan. Bekerja sama dengan arsitek merupakan proyek yang memakan banyak waktu, sehingga tidak hanya dalam waktu singkat saja. Biasanya proyek pembangunan akan memakan waktu bulanan, tahunan, bahkan puluhan tahun. Kita semua tentunya ingin bekerja dengan orang yang memiliki kepribadian yang saling cocok, terutama proyek pembangunan rumah agar semuanya berjalan lancar.

6. Memperhitungkan Budget

Biaya harus dipertimbangkan juga ketika memilih jasa desain Arsitek. Jangan sampai salah perhitungan yang dapat memakan biaya lebih tinggi dari perkiraan. Hal ini pun diupayakan agar kamu tidak kehabisan dana di tengah pembangunan. Arsitek yang handal juga akan mampu menghitung biaya yang akan dikeluarkan, baik untuk jasanya hingga biaya pembangunannya.

Karena memilih Arsitek seperti memilih pasangan, kecocokan juga diperlukan. Poin di atas akan membantu dalam memutuskan manakah jasa yang akan bisa memenuhi kebutuhanmu. Jangan lupa, bahan-bahan berkualitas juga menentukan hasil akhir kualitas bangunan. Untuk itu selalu gunakan semen kuat anti bocor dari PRO-X 207 yang bisa diperoleh di toko bangunan terdekat, atau langsung saja beli secara online di Mortar Utama Official.

Baca Juga: Jangan Salah Pilih! Ini Cara Memilih Produk Pelapis Anti Bocor yang Tepat